Seorang Perawat di Muaro Jambi Positif Covid-19

oleh -
Plt Kadis Kesehatan Muaro Jambi, Yes Isman.(Foto:Raden Hasan Efendi)
Plt Kadis Kesehatan Muaro Jambi, Yes Isman.(Foto:Raden Hasan Efendi)

Jambipers.com, Muaro Jambi – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Muaro Jambi bertambah satu orang. Penambahan satu pasien terkonfirmasi positif tersebut diketahui berdasarkan hasil uji swab yang diumumkan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi pada Kamis 17 September 2020.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Muaro Jambi, Yes Isman membenarkan adanya penambahan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Muaro Jambi. Tambahan pasien positif tersebut merupakan seorang perempuan berinisial DI, usia 35 tahun asal Kecamatan Maro Sebo.

” Ya, ada penambahan satu pasien positif di Muaro Jambi. Pasien itu seorang perawat pada salah satu Puskesmas di Kecamatan Maro Sebo,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Muarojambi Yes Isman, saat dikonfirmasi Jumat (18/9/2020).

Yes mengatakan, pasien terbaru tersebut saat ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Ahmad Ripin, Sengeti. Terhadap kasus terbaru ini, tim gugus tugas telah turun melaksanakan tracking terhadap orang-orang yang berkontak erat dengan pasien DI, serta melakukan penelusuran riwayat kontak yang bersangkutan.

” Pasien DI ini diduga terpapar dari dokter internship, dokter itu pulang perjalanan Bali. Yang kontak erat dengan pasien DI ini kita tracking ketat, agar mata rantai penyebarannya bisa terputus,” ujar Yes.

Yes turut menyampaikan bahwa pasien sembuh dari Covid-19 di Muaro Jambi mengalami penambahan. Satu orang pasien terkonfirmasi positif asal Muaro Jambi dinyatakan telah sembuh dan diperbolehkan pulang. Hasil uji swab pasien ini sudah dua kali berturut-turut dengan hasil negatif sehingga dinyatakan sembuh.

” Pasien sembuh bertambah satu orang yakni pasien atas nama atau berinisial APA, laki-laki 33 tahun asal Kecamatan Sungai Gelam,” katanya.

Mewakili tim gugus tugas penanganan Covid-19 Muaro Jambi, Yes Isman pun mengimbau agar masyarakat di Muaro Jambi bisa bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus ini.

” Tetap jalankan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan dan selalu jaga jarak fisik,” ujar Yes Isman.

Penulis: Raden Hasan Efendi