Peringatan Hari Bela Negara ke-74 di Lingkungan Pemkab Kerinci Berjalan Lancar dan Sukses

oleh -
Bupati Kerinci Adirozal
Bupati Kerinci Adirozal

Jambipers.com, Kerinci – Pemerintah Kabupaten Kerinci melaksanakan upacara peringatan Hari Bela Negara ke-74 tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Kerinci Bukit Tengah, Senin (19/12/2022). Bupati Kerinci Adirozal tampil sebagai pembina upacara pada upacara peringatan tersebut.

Sementara selaku perwira tampil Vicko Parbo, S.Sos., M.Si, Komandan Upacara Effendi, SE, dan Pembacaan Ikrar Bela Negara Ikwal Aroni dari Kesbangpol.  Upacara Hari Bela Negara ini dihadiri Sekda Kerinci Zainal Efendi, SP, M.Si, Kepala OPD, serta Pejabat Fungsional dan Struktural Pemkab Kerinci.

Peringatan Hari Bela Negara merujuk pada peristiwa agresi militer Belanda jilid II dan terbentuknya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada Tahun 1948.

“Pada tahun 2022 ini, kita memperingati Hari Bela Negara yang ke-74. Peringatan Hari Bela Negara pertama kali dicetuskan oleh Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 28 pada tahun 2006. Melalui Keppres tersebut tanggal 19 Desember ditetapkan sebagai Hari Bela Negara. Pada upacara kali ini, pemerintah mengangkat tema “Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku,” kata Bupati Adirozal.

Bupati Adirozal menyampaikan bahwa Bela Negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. Oleh karena itu, kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara,” ucap orang nomor satu di Kabupaten Kerinci tersebut.

Lebih lanjut Bupati Adirozal menyampaikan bahwa perwujudan bela negara sebagai ASN adalah dengan melalui pelaksanaan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan profesi ASN. Berpartisipasi secara aktif terhadap perubahan lingkungan strategis, mendiagnosa berbagai permasalahan, serta dapat mengelola perubahan yang terus terjadi.

“Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai. Selamat Hari Bela Negara ke-74, Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku,” katanya.(dikin)

No More Posts Available.

No more pages to load.