Makam di Merangin Dibongkar, Ditemukan Bercak Darah dan Pecahan Uang

oleh -
ilustrasi
ilustrasi

Jambipers.com, Merangin – Sebuah makam di Desa Bukit Bungkul, Kecamatan Renah Pamenang, Kabupaten Merangin, ditemukan warga dalam kondisi terbongkar. Tidak diketahui persis kapan pelaku melakukan pembongkaran itu. Warga baru mengetahui adanya pembongkaran makam tersebut pada Kamis (15/10/2020) sore.

Informasi yang dirangkum, makam yang dibongkar itu merupakan milik almarhum MS. Ia telah meninggal pada Mei 2018 Lalu. Makam tersebut diketahui telah dibongkar saat istrinya berinisial berziarah ke makam tersebut.

Mendapati makam itu telah dibongkar, wanita 38 tahun itu terkejut dan syok. Kemudian dia melaporkan peristiwa tersebut kepada keluarga dan kepala desa setempat.

Informasi yang dihimpun, pembongkaran makam tersebut diduga kuat dilakukan oleh orang iseng yang kemungkinan menuntut ilmu hitam atau untuk keperluan pesugihan. Warga menduga jika pelaku sengaja mengambil tali pocong milik almarhum.

“ Iya, kemungkinan besar untuk pesugihan. Tapi gak tau jugalah, Bisa juga hanya iseng-iseng,” kata warga setempat yang dihubungi Jum’at (16/10/2020).

Dugaan tersebut menguat lantaran disana terdapat bercak darah ayam. Selain menemukan darah, di sana juga ditemukan uang sebesar Rp7 ribu dengan pecahan Rp5 ribu dan Rp2 ribu

Hal itu juga dibenarkan oleh Kepala Desa Bukit Bungkul, Cecep. Menurut Cecep, permasalahan tersebut sudah selesai dan makam sudah ditutup kembali. “Semalam sudah di-adzankan kembali, sudah bacakan doa, baca yasin dan Keluarga sudah mengikhlaskannya,” kata Kades.

Soal adanya tali pocong yang dicuri untuk pesugihan, Cecep tidak ingin berspekulasi. Dia tidak melihat apa yang hilang pada jenazah tersebut, yang jelas ketika makam dibongkar oleh orang yang tidak bertanggung jawab itu, pihaknya berkewajiban untuk memperbaiki makam tersebut.

“ Kalau untuk pesugihan saya tidak paham. Itu dugaan warga saja. Sekarang kan sudah zaman modern, rasanya tidak ada lagi yang gunakan itu. Hanya satu makam itu saja. Makam yang lain aman,” katanya.

Sumber: Jambiseru.com