Al Haris Minta Tunjuk Ajar ke Lembaga Adat Melayu Jambi

oleh -
Al Haris silaturahmi dengan LAM Jambi
Al Haris silaturahmi dengan LAM Jambi

Jambipers.com, Jambi –  Setelah meminta masukan, arahan dan pandangan ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jambi, Calon Gubernur Jambi Al Haris kembali melanjutkan safari politiknya ke Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi. Calon gubernur Jambi nomor urut 3 itu datang ke sana untuk meminta tunjuk ajar tegur sapo arah ajum guna membuat program membangun bumi sepucuk Jambi sembilan lurah.

Calon gubernur Jambi yang berpasangan dengan Abdullah Sani di Pilgub 2020 ini memang mendasarkan Agama (MUI), Adat (Lembaga Adat Melayu) dan pemerintah harus beriring-iringan bersama membangun daerah.

“Jadi sayo datang silaturahmi ke sini ingin minta arah ajum dari yang tuo-tuo terhadap sayo calon gubernur Jambi. Beri sayo masukkan, arah dan pandangan untuk sayo membangun Jambi ke depan,” kata Cagub Jambi, Al Haris saat silaturahmi dengan LAM Provinsi Jambi, Jumat (16/10).

Baca juga : Al Haris Minta Pandangan dan Arahan MUI untuk Membangun Jambi 

Silaturrahmi Al Haris ke LAM Jambi dihadiri langsung Ketua LAM Jambi, Hasip Kalimuddin Syam dan ketua LAM kabupaten/kota di Jambi. Al Haris mengharapkan silaturahmi dengan lembaga adat dapat diikuti calon-calon yang lain.

” Siapo pun yang terpilih jadi gubernur nanti harus tau tata letak duduk adat di Jambi ini. Masukkan yang tuo-tuo ini penting, kalau pun sayo tidak menang masukan dari lembaga adat ini bisa dititipkan dengan yang menang. Kenapo? kareno kito samo-samo ingin membawa kemajuan untuk Jambi,” ujar Haris.

Silaturahmi ini benar-benar serius diikuti Al Haris. Beliau secara cermat dan teliti mendengar setiap masukan dan mencatat arah ajun baik itu dari ketua LAM Jambi, maupun masukkan dari ketua LAM kabupaten/kota yang hadir.

“ Arah ajun yang tuo-tuo ini menjadi pedoman jugo untuk sayo, untuk sayo masukkah dalam program jika saya ditakdirkan Allah menjadi gubernur Jambi,” kata Haris.

” Selama ini sayo juga banyak keliling mendengar masukkan dari orang adat di Jambi ini, baik itu terkait perhatian anggaran maupun regulasi tertulis yang mengatur persoalan adat di Jambi,” ujar Al Haris.

Sementara itu Ketua LAM Jambi, Hasip Kamuddin Syam mengucapkan terima kasih pada Al Haris yang sudah bersilaturahmi dan mau mendengar serta menerima masukkan lembaga adat.

” Saya berharap pendidikan diperhatikan, jugo pendidikan agama, masjid-masjid dimakmurkan. Saya juga mengharapkan jalan-jalan provinsi diperbaiki, orang miskin berikan rumah modal untuk usaha, dan juga memperhatikan lembaga adat,” kata Hasip Kalimuddin Syam.

Sementara, H.Harun Sa’ad salah seorang pengurus LAM Provinsi Jambi menambahkan agar ke depan LAM lebih diperhatikan oleh pemerintah supaya dapat menjalankan program adat. ” Kami sangat berharap LAM ini lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah ke depan, kareno kami ini minim perhatian, tahun 2020 ini satu sen pun tidak ada anggaran untuk LAM Jambi,” ujar H.Harun Sa’ad.

Diakhir acara, Al Haris mengucapkan terima kasih atas masukan dan arahan LAM Jambi. Seluruh masukan lembaga adat telah dicatat dan Al Haris sepakat lembaga adat akan diurus sebaik mungkin seperti yang telah dilaksanakannya di Merangin.(***)