Penyakit Diare Rentan Terjadi Pasca Lebaran

oleh -
Plt Kadis Kesehatan Muaro Jambi, Yes Isman
Plt Kadis Kesehatan Muaro Jambi, Yes Isman

Jambipers.com, Muaro Jambi – Pasca lebaran kerap memicu timbulnya berbagai penyakit, terutama penyakit saluran pencernaan. Karena itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap penyakit yang kerap muncul tersebut.

“ Beberapa penyakit pencernaan seperti diare kerap timbul karena konsumsi makanan yang berlebih di saat lebaran. Ini lumrah terjadi,” kata Plt Kadis Kesehatan Muaro Jambi, Yes Isman, Rabu (27/5/2020).

Yes mengatakan, minuman bersoda dan beberapa makanan bersantan sering tersaji saat lebaran. Mengkonsumsi makan dan minuman tersebut menjadi salah satu pemicu penyakit pencernaan.

” Minuman kaleng banyak didapati saat lebaran, juga makanan bersantan, bila dikonsumsi berlebih bisa menimbulkan diare. Kontrol makanan seperti itu agar tidak terkena diare ataupun penyakit pencernaan lainnya,” ujarnya.

Selain penyakit pada saluran pencernaan, memasuki musim hujan ini, warga juga dipinta waspada terhadap penyakit kulit dan juga potensi penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Warga diharapkan selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta selalu rajin mencuci tangan.

“ Musim hujan ini berpotensi membuat penyakit DBD meningkat. Waspada dan selalu hidup bersih agar terhindar dari DBD,” katanya.

warga turut diminta agar tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. Warga disarankan agar tetap di rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Bila terpaksa keluar rumah maka tetap harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19 .

“ Baiknya di rumah saja. Silaturahmi dilakukan melalui vidcon saja, ini demi menekan penyebaran virus Covid-19,” ujarnya.(red)

No More Posts Available.

No more pages to load.