Sebanyak 126 Desa di Muaro Jambi Pilih Anggota BPD

oleh -
Pemilihan anggota BPD di Desa Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu.
Pemilihan anggota BPD di Desa Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu.

Jambipers.com, Muaro Jambi – Desa-desa di wilayah Kabupaten Muaro Jambi saat ini tengah disibukkan dengan agenda pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Sebagian di antara desa-desa tersebut sudah melaksanakan pemilihan dan sebagian lagi masih tahap persiapan.

Pantauan di lapangan, hari ini pemilihan anggota BPD untuk masa bhakti 2020-2026 tengah dilangsungkan di Desa Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu. Pemilihan BPD di Desa Pudak dilaksanakan dengan cara musyawarah perwakilan.

Di lokasi pemilihan terlihat para pemilih berdatangan ke balai desa yang dijadikan tempat pemilihan. Proses pemilihan berlangsung dengan tetap menerapkan protokol Covid-19.

Panitia menyediakan fasilitas hand wash di pintu masuk dan para pemilih wajib menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Hari ini kita melaksanakan pemilihan BPD. Di desa kami ada empat dusun dengan jumlah penduduk 5000 jiwa. Kami memilih sembilan anggota BPD dengan komposisi dua perwakilan dapil di tiap dusun dan satu keterwakilan perempuan,” kata Kades Pudak, Aminto saat dikonfirmasi, Sabtu (25/7/2020).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Muaro Jambi, Raden Najmi mengatakan, ada sebanyak 126 desa yang akan melaksanakan pemilihan anggota BPD di tahun ini.

” Jadi, ada 126 desa yang bakal memilih anggota BPD di seluruh wilayah dalam Kabupaten Muaro Jambi,” kata Raden Najmi, Sabtu (25/7/2020).

Raden Najmi mengatakan, pemilihan anggota BPD dilaksanakan dengan dua sistem yaitu sistem keterwakilan dan sistem demokrasi.

Sistem keterwakilan maksudnya adalah para pemilih yang akan memilih perwakilannya merupakan wakil dari desa atau dusun. Sementara pemilihan dengan sistim demokrasi maksudnya adalah dilaksanakan layaknya pemilihan kades. Pemilihan dilaksanakan dengan melibatkan semua masyarakat atau mata pilih di desa dimaksud.

” Secara demokrasi atau keterwakilan, semua kita serahkan kepada desa masing-masing dan disesuaikan dengan anggaran yang sudah ada,” ujarnya.

Raden Najmi mengatakan, pemilihan anggota BPD akan berlangsung di 11 kecamatan. Kecamatan Kumpeh Ulu menjadi kecamatan dengan desa terbanyak dalam pelaksanaan pemilihan BPD ini.

” Yang terbanyak di Kumpeh Ulu, ada 17 desa yang melaksanakan pemilihan BPD di sana. Terbanyak kedua di Jaluko dengan peserta sebanyak 16 desa,” katanya.

Adapun kecamatan lain yang turut melaksanakan pemilihan BPD yaitu Kecamatan Sekernan 14 desa, kecamatan Kumpeh 14 desa, Kecamatan Maro Sebo 11 desa, di Mestong 12 desa, Sungai Bahar 9 desa, Sungai Gelam 11 desa, Bahar Utara 7 desa, Bahar Selatan 8 desa dan Kecamatan Taman Rajo 9 desa.

Penulis: Raden Hasan Efendi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *