Bupati Adirozal Dampingi Gubernur Jambi pada Apel Kesiapsiagaan Bencana Erupsi Gunung Kerinci

oleh -
Bupati Kerinci, H. Adirozal
Bupati Kerinci, H. Adirozal saat menghadiri kegiatan apel Kesiapsiagaan Bencana Erupsi Gunung Kerinci.

Jambipers.com, Kerinci – Bupati Kerinci, H. Adirozal hadir dan mendampingi Gubernur Jambi Al Haris, dalam kegiatan apel Kesiapsiagaan Bencana Erupsi Gunung Kerinci yang digelar di lapangan PTPN VI Kayu Aro, Sabtu (14/1/2023).

Turut hadir dalam kegiatan ini yakni, Forkopimda Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Danrem 042 Garuda Putih Jambi, Dandim, Kapolres, kepala BPBD Kerinci Darifus serta Forkopimda Kerinci.

Gubernur Jambi Al Haris yang tampil sebagai pembina apel dalam kegiatan tersebut memberikan arahan kepada seluruh peserta apel. Beliau mengatakan bahwa kegiatan hari ini merupakan apel kesiapsiagaan bencana erupsi Gunung Kerinci Provinsi Jambi.

“Kita harus mempersiapkan segala sesuatu kemungkinan yang terjadi, dan apel ini, lebih kepada kita persiapan terhadap situasi – situasi yang berkembang terakhir ini,” ujarnya.

Gubernur Al Haris menyampaikan bahwa dirinya sudah meninjau pos pemantauan dimana kondisi Gunung Kerinci pada Sabtu (14/1/2023) masih tergolong aman dan intensitasnya tidak begitu naik. Meskipun kondisi dalam situasi aman pihak pemerintah tidak boleh terlalu percaya diri bahwa kondisi sudah benar-benar aman. Sebab, sewaktu-waktu bisa saja semua kemungkinan terburuk apat terjadi karena fenomena alam yang sulit prediksi.

“Tugas kita adalah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya, semua teman-teman yang tergabung dalam Satgas ini saya berharap kita semua tetap siaga dengan situasi kondisi yang berlangsung hari ini itu yang pertama. Yang Kedua, kita harus rutin mengimbau pada masyarakat agar lebih hati-hati dan waspada terhadap situasi ini. Oleh karena itu, apel hari ini kita harapkan bahwa mulai hari ini kita berharap Satgas kemudian juga pos yang sudah ditetapkan nanti betul-betul siap siaga dan kalau terjadi apa-apa terjadi bencana yang sebenarnya kita sudah punya planing kontingensi,” ujarnya.

Gubernur Jambi, Al Haris dalam kesempatan ini turut menyerahkan tugas Ketua Harian Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Kerinci kepada Danrem 042 Garuda Putih sebagai Ketua Harian.

“Saya yakin dan percaya bapak bisa mengemban amanah ini dengan sebaik-baik mungkin. Menggerakkan sekaligus didukung oleh semua komponen yang ada, dan dibantu oleh Polda Jambi dan teman-teman lainnya,” jelasnya.

Setelah melakukan apel kesiapsiagaan ini, Gubernur Al Haris meminta agar hal ini disosialisasikan dengan baik kepada semua stakeholder, termasuk menyosialisasikan penanggulangan bencana agar tidak terjadi bencana erupsi besar.

Sementara itu Bupati Adirozal juga berpesan dengan apel kesiapsiagaan ini sudah ada kewaspadaan terhadap erupsi gunung Kerinci. “Terkait jalur evakuasi kita masih upayakan, nanti pak gubernur akan menyampaikan langsung ke pemerintah pusat,” katanya.

Plt Kepala BPBD Kerinci Darifus menambahkan pada apel tersebut turut diberikan masker untuk tiga kecamatan yakni Kecamatan Kayu Aro, Kecamatan Kayu Aro Barat, dan Kecamatan Gunung Tujuh. Nantinya pihak kecamatan akan memberikan langsung ke masyarakat. “Iya sekitar 15 ribu masker akan diberikan pihak Kecamatan ke masyarakat yang ada di Kayu Aro,”pungkasnya.(kin)

No More Posts Available.

No more pages to load.