Wabup Bakhtiar Buka Acara Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Batanghari

oleh -
Wakil Bupati Batanghari (Wabup) H Bakhtiar
Wakil Bupati Batanghari H Bakhtiar saat membuka acara rembuk stunting.

Jambipers.com, Muara Bulian – Wakil Bupati Batanghari (Wabup) H Bakhtiar, S.P., membuka secara resmi kegiatan rembuk stunting tingkat Kabupaten Batanghari tahun 2022, Rabu (14/09/2022). Kegiatan yang berpusat di Ruang Pola Kantor Bupati Batanghari tersebut dihadiri Asisten I Setda Batanghari, para Kepala OPD, dan para tamu undagan lainnya.

” Melalui acara ini semoga tercipta komitmen dari seluruh pihak yang hadir dalam menanggulangi permasalahan stunting di bumi serentak bak regam ini,” kata Wabup Bakhtiar.

Menurut Bahktiar, kunci pencegahan stunting yaitu di seribu hari pertama kehidupan (HPK) sehingga perhatian kepada ibu hamil serta balita di bawah umur dua tahun (baduta) perlu diupayakan guna menciptakan generasi yang cerdas.

Tak hanya itu, dukungan dari pemerintah daerah dalam upaya penurunan stunting seperti pembangunan sanitasi, air bersih, pembangunan infrastruktur, dan penyediaan pangan yang bergizi juga harus terus ditingkatkan.

“Tak hanya dari Dinas Kesehatan saja, keberhasilan program penurunan stunting juga sangat dipengaruhi dari sektor nonkesehatan dengan proporsi dukungan mencapai 70 persen,” ujarnya.

Bahktiar mengatakan, berdasarkan data bahwa kondisi stunting Kabupaten Batanghari saat ini telah mengalami penurunan prevalensi stunting yaitu sebanyak 2,82 persen. Hal tersebut dapat dilihat dari data pada tahun 2019 di mana angka persentase prevalensi sebesar 27,32 persen dan pada tahun 2021 sebesar 24,5 persen.

” Artinya program intervensi yang kita lakukan telah berpengaruh positif dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting, walaupun kita baru menjadi lokus penurunan stunting pada tahun 2022 ini,” katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Keputusan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor KEP.10/M.PPN/HK/02/2021 tentang Penetapan perluasan Kabupaten/Kota Lokasi Fokus Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi Tahun 2022.(Sam)

No More Posts Available.

No more pages to load.