Asah Kreativitas, Mahasiswa PGMI UIN STS Jambi Ikuti Praktek Wirausaha

oleh -
Mahasiswa-mahasiswi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi berfoto bersama.(Foto:Raden Hasan Efendi/Jambipers.com)
Mahasiswa-mahasiswi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi berfoto bersama.(Foto:Raden Hasan Efendi/Jambipers.com)

Jambipers.com, Jambi – Mahasiswa-mahasiswi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, melakukan praktik berwirausaha di tempat car free night Kompleks Perkantoran Wali Kota Jambi pada Sabtu (18/12/202) malam.

Dalam praktik berwirausaha ini, para mahasiswa-mahasiswi menunjukkan kemampuannya dengan menawarkan produk hasil kreativitas mereka sendiri. Produk tersebut mayoritas berupa makanan dan minuman hasil olehan secara perorangan maupun berkelompok.

Pantauan di lapangan, stand mahasiswa-mahasiswi Prodi PGMI UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi ini cukup ramai didatangi para pengunjung. Cukup banyak di antara pengunjung yang tertarik dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan tersebut.

Dalam kegiatan ini, Dosen Pengampu Mata Kuliah Islamic Entrepreneurship, Ika Aryastuti Hasanah terlihat turun langsung untuk memantau kegiatan praktek berwirausaha mahasiswa-mahasiswi tersebut.

Ika Aryastuti Hasanah M.Pd saat ditanyai menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan praktik entrepreneur ini adalah untuk membentuk seorang mahasiswa yang mampu berkompetisi di tengah era globalisasi maupun digital mengingat tuntutan yang dihadapi dalam persaingan untuk dapat bertahan hidup semakin ketat. Dalam situasi seperti itu maka manusia di masa mendatang harus memiliki nilai jual tinggi, skill yang mumpuni, dan harus mampu melihat peluang yang ada serta tidak ragu dalam take action pada pelaksanaanya.

” Kunci untuk menjadi seorang entrepreneur adalah kreatif dan inovatif, semangat dari jiwa-jiwa muda sekaligus penggagas ide-ide baru memang pantas rasanya pada diri mahasiswa sekaligus melatih kemandirian pada diri mahasiswa. Lebih-lebih tujuan dari mengapa berwirausaha (entrepreneurship) dapat dikatakan untuk membuka lapangan pekerjaan baru agar dapat meningkatan kesejahteraan hidup,” kata Ika Aryastuti Hasanah kepada Jambipers.com, Sabtu (18/12/2021) malam.

Ika Aryastuti Hasanah mengatakan, praktek berwirausaha ini dilaksanakan dengan harapan agar dapat mengekspos kreativitas dan inovasi mahasiswa. Selain dapat menumbuhkan jiwa wirausaha, kegiatan ini juga dapat menciptakan kemandirian bagi mahasiswa.

” Kreativitas dan inovasi itu menjadi hal yang penting dikalangan mahasiswa, maka dari itu saya berharap mahasiswa-mahasiswi saya memiliki daya kreatifitas dan inovasi baru dalam dunia bisnis atau wirausaha, terlatih untuk bertanggungjawab, disiplin, mandiri, menjadi pribadi yang jujur hingga termotivasi serta berani berkomitmen untuk berwirausaha,” tandasnya.

Sementara itu, salah mahasiswa prodi PGMI UIN Sultan thaha Jambi, Faisal menyampaikan bahwa yang mengikuti kegiatan praktek berwirausaha ini mahasiswa-mahasiswi semester I yaang terdiri dari empat kelas.

” Kegiatan ini berlangsung dua hari, kita melaksanakan secara bergantian. Untuk produk yang kita tawarkanmayoritas makanan dan minuman. Alhamdulillah, banyak yang beli bang,” tandas pria kelahiran Merangin itu.(***)

Penulis: Raden Hasan Efendi

No More Posts Available.

No more pages to load.