Tingkatkan Keterampilan, Fakultas Dakwah UIN STS Jambi Gelar Gebyar Dakwah

oleh -
berfoto bersama dalam acara gebyar dakwah di Kampus UIN STS Jambi.
berfoto bersama dalam acara gebyar dakwah di Kampus UIN STS Jambi.

Jambipers.com, Jambi – Fakultas Dakwah UIN Suthan Thaha Saifuddin Jambi menggelar Gebyar Dakwah di Kampus II Sungai Duren, Kecamatan Jaluko, Muaro Jambi. Gebyar dakwah yang berlangsung pada Selasa (09/11/2021) pagi tersebut mengangkat tema ‘Dengan Semangat Gebyar Dakwah Hidup Jadi Terarah dan Menjadi Berkah’.

Kegiatan gebyar dakwah ini dipusatkan di Halaman Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Prof.Dr.H.Suadi Asyari, M.A.,Ph.D.,tampil secara langsung membuka acara gebyar dakwah tersebut.

Setelah resmi dibuka, kegiatan gebyar dakwah diawali dengan perlombaan pidato atau ceramah, kemudian diikuti dengan perlombaan lainnya. Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama dua hari, dari Selasa 09 November hingga Rabu 10 November 2021.

Acara gebyar dakwa ini dihadiri Wali Kota Jambi yang diwakili Asisten I, Kemenag Provinsi Jambi, Kemenag Kota Jambi, Camat Jambi Luar Kota, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Wakil Dekan III Fakultas Syariah.

Pada kesempatan itu Dekan Fakultas Dakwah, Dr. Zulqarnin, M.Ag mengatakan, Gebyar Dakwah merupakan agenda tahunan Fakultas Dakwah yang dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur dengan berdirinya Fakultas Dakwah secara mandiri serta sebagai ajang memperkenalkan Fakultas Dakwah ke masyarakat Luas.

“Agenda tahunan ini juga untuk meningkatkan keterampilan yang berkaitan dengan keilmuan dakwah, khususnya di bidang komunikasi dakwah. Walaupun dakwah juga ada dakwah bil hal akan tetapi lebih dominan ke komunikasi dakwah, seperti public speaking, dakwah terbuka, dakwah kelompok dan dakwah individu,” kata Dekan Fakultas Dakwah, Dr. Zulqarnin, M.Ag, Selasa (9/11/2021).

Sementara itu, Wakil Dekan III sekaligus Ketua Panitia Gebyar Dakwah, Dr. Samin Batubara, M.HI mengatakan, Kegiatan ini akan digelar selama dua hari dan diikuti 101 peserta dari berbagai Pondok Pesantren, MA, SMA dan Mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

“Pada tahun sebelumnya, kegiatan ini diadakan hanya melibatkan mahasiswa UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi  saja, akan tetapi untuk tahun ini kita juga mengambil anak-anak dari Pondok Pesantren, MA dan SMA,” kata Wakil Dekan III Fakultas Dakwah, Dr. Samin Batubara, M.HI.

Gebyar dakwah kali ini memperlombakan empat cabang perlombaan, yakni pidato atau ceramah, MC, baca berita, dan karya ilmiah.

” Untuk lomba pidato atau ceramah itu diikuti oleh 36 peserta, lomba MC diikuti 32 peserta, lomba baca berita diikuti oleh 29 peserta dan untuk lomba karya ilmiah hanya diikuti 4 peserta saja, ” jelas Wakil Dekan Fakultas Dakwah itu.

Kegiatan gebyar dakwah pada hari pertama berjalan dengan lancar. Pihak panitia melaksanakan kegiatan gebyar dakwah tersebut dengan tetap mempedomani protokol kesehatan.(*)

Penulis: Bujangdek

No More Posts Available.

No more pages to load.