Wakil Bupati Kerinci Ami Taher Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2021

oleh -
Peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021 di lapangan Pondok Pesantren Hataska Semurup
Peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021 di lapangan Pondok Pesantren Hataska Semurup

Jambipers.com, Kerinci — Wakil Bupati Kerinci Ami Taher pimpin apel peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021 di lapangan Pondok Pesantren Hataska Semurup. Peringatan itu berlangsung pada Jumat (22/10/2021)  pagi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dalam peringatan ini hadir Kepala Kemenag Kabupaten Kerinci, para pengurus pondok pesantren, Santriwan dan santriwati pondok pesantren se-Kabupaten Kerinci.

Menteri Agama melalui sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kerinci Ami Taher menyampaikan bahwa para santri patut bersyukur karena santri mempunyai hari yang sangat istimewa, di mana tanggal 22 Oktober telah ditetapkan oleh Presiden RI menjadi hari santri melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 22 Tahun 2015, tertanggal 15 Oktober 2015, tentang Hari Santri Nasional.

Menurutnya, Hari Santri Nasional merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni, tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa tentang kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“ Dari Resolusi Jihad inilah kemudian lahirlah peristiwa heroik 10 November 1945, yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan,” kata Wabup Ami Taher, Jumat(22/10/2021).

Ami Taher mengatakan, selain penetapan hari santri, santri dan pesantren juga memiliki Undang Undang Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren. Undang Undang ini memberikan afirmasi rocognize dan fasilitas terhadap pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan juga fungsi pemberdayaan masyarakat.

“ Dalam peringatan hari santri tahun ini, kalangan pesantren mendapatkan kado indah dari Presiden Joko Widodo tentang Peraturan Presiden No 82 tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren,” kata Ami Taher.

Peringatan Hari Santri Nasional pada tahun ini mengusung tema ‘Santri Siaga Jiwa Raga’. “Santri merupakan bagian dari pemuda yang siap menyerahkan jiwa dan raga untuk mempertahankan tanah air,” ujar Ami Taher.

Dalam peringatan hari santri ini turut dilakukan pelepasan balon ke udara sebagai tanda peringatan Hari Santri Nasional. Balon tersebut dilepas secara langsung oleh Wakil Bupati Kerinci, Ami Taher.(dikin)

No More Posts Available.

No more pages to load.