DPRD Kota Sungai Penuh Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup

oleh -
Ketua DPRD Sungai Penuh H.Fajran saat acara serah terima penghargaan Nirwasita Tantra.
Ketua DPRD Sungai Penuh H.Fajran saat acara serah terima penghargaan Nirwasita Tantra.

Jambipers.com, Sungai Penuh –  DPRD Kota Sungai Penuh meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup RI berupa penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2020 dengan predikat juara 2 untuk kategori Kota Kecil.  Serah terima penghargaan dilakukan secara virtual oleh Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya kepada Ketua DPRD Kota Sungai Penuh, H.Fajran. SP.MSi pada Selasa (15/6/2021).

Penghargaan green leadership nirwasita tantra merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah yang diberikan kepada pemimpin daerah atas aktualisasi kepemimpinan berorientasi green dan deep green dalam memimpin pemerintah daerah, baik eksekutif maupun legislatif.

Penghargaan Nirwasita Tantra 2020 diberikan kepada DPRD dan kepala Daerah dengan kategori kecil, sedang dan besar serta kategori provinsi.

Menteri LH dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa para penerima penghargaan ini dinilai berhasil mengimplementasikan kebijakan hijau, menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan dalam program kerja serta kegiatan guna menjaga, melindungi, memelihara dan memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah masing masing.

Ketua DPRD Kota Sungai Penuh H Fajran.SP.MSi mengucapkan terima kasih kepada Kementerian LH atas penghargaan tersebut. ucapan terima kasih juga disampaikan beliau kepada semua elemen baik itu eksekutif maupun seluruh anggota DPRD Kota Sungai Penuh dan masyarakat Kota Sungai Penuh sehingga DPRD Kota Sungai Penuh berhasil meraih penghargaan tersebut.

“ Ke depan kita akan tetap komitmen dalam berusaha menjaga, melindungi dan memelihara dan memperbaiki kualitas lingkungan hidup untuk kepentingan masyarakat,” kata Fajran.

Dinas Lingkungan Hidup saat dikonfirmasi melalui Kasi perencanaan Lingkungan Hidup Lea Desnifa mengatakan kalau Dinas Lingkungan Hidup merupakan dinas yang bertanggung jawab penuh atas terselengaranya penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD). DIKPLHD tersebut wajib disusun setiap tahunnya dan dilaporkan ke Kementerian Lingkungan Hidup. Daerah dengan penyajian terbaik akan mendapatkan penghargaan yang disebut Nirwasita Tantra.

Lea Desnifa mengatakan, dalam rangka penilaian nirwasita tantra, Pemerintah Kota Sungai Penuh beserta DPRD telah mengikuti serangkaian proses penilaian. Dimulai dari penyusunan dokumen, seleksi eliminasi dan penyampaian video pemaparan terkait pengendalian dan pengelolaan lingkungan hidup di Kota Sungai Penuh.

“ Untuk DPRD Kota Sungai Penuh, pemaparan disampaikan langsung oleh bapak Ketua DPRD Kota Sungai Penuh  H. Fajran S.P.MSi) secara virtual dengan Kementerian Lingkungan Hidup RI,” katanya.(dikin)

No More Posts Available.

No more pages to load.