Diklat Guru PAUD Muaro Jambi Dilaksanakan Sesuai Protokol Kesehatan

oleh -
Foto para guru PAUD peserta (Diklat) berjenjang tingkat dasar tahun 2020.
Foto para guru PAUD peserta (Diklat) berjenjang tingkat dasar tahun 2020 terlihat menerapkan prokes secara ketat.

Jambipers.com, Muaro Jambi – Sebanyak 40 orang guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Muaro Jambi mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) berjenjang tingkat dasar tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muaro Jambi. Kegiatan dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Jambi dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas PdK Muaro Jambi, Erwanisah M. SE, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Ketenagaan (PKT) Dinas PdK Muaro Jambi, Firdaus S.Ag pada Kamis (19/11/2020) malam.

Dalam sambutannya, Kadis PdK Muarojambi Erwanisah menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan  kompetensi guru-guru PAUD yang ada di Muaro Jambi. Melalui kegiatan ini diharapkan guru-guru bisa lebih profesional dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dan pada akhirnya bisa memenuhi 4 kompetensi yang diharuskan.

“ Empat kompetensi tersebut adalah kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik dan sosial, sesuai atau berdasarkan Permendikbud 137 Tahun 2014,” kata Erwanisah, (19/11/2020).

Erwanisah dalam kesempatan itu mengulas sekelumit kondisi guru di Muaro Jambi. sesuai aturan, idealnya guru-guru yang ada di Muaro Jambi minimal sarjana atau S1 dan linear. Namun, kondisi saat ini tidak semua guru khususnya tingkat dasar telah bergelar S1, khususnya di PAUD masih banyak yang belum sarjana.

” Melalui Diklat ini kita sangat berharap semoga dapat menghasilkan tenaga pendidik yang benar-benar berkompetensi dan pada akhirnya bisa memajukan dunia pendidikan di Muaro Jambi,” katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari terhitung sejak 19 November hingga 24 November 2020. Selama pelaksanaan kegiatan ini, para guru PAUD yang mengikuti pelatihan akan diberikan materi kompetensi oleh narasumber.

“ Kegiatan ini akan dilaksanakan selama enam hari, sejak 19 hingga 24 November 2020. Kita minta seluruh peserta pelatihan benar-benar serius mengikuti seluruh materi dari narasumber,” kata Erwanisah.(fes)