Sering Diterpa Kampanye Hitam, Dukungan Masyarakat ke Pasangan Fadhil – Bakhtiar Makin Deras

oleh -

Jambipers.com, Batanghari – Suhu politik di Kabupaten Batanghari benar-benar telah memanas. Kampenya hitam (black campaign) makin masif dimainkan di tengah masyarakat untuk menjatuhkan rival politik.

Para oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut tidak segan-segan memainkan isu miring demi memuaskan hasrat politiknya. Mereka beraksi menghalalkan segala cara agar nama baik pasangan calon tertentu hancur di mata masyarakat.

Calon bupati – wakil bupati Batanghari, M.Fadhil – Bakhtiar telah merasakan keganasan dari black campaign tersebut. Pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Batanghari nomor urut 3 itu bahkan diisukan akan menghapus Program Keluarga Harapan (PKH).

Isu tersebut jelas murahan dan ngawur. Sebab, PKH merupakan program dari presiden yang tidak mungkin dihilangkan kepala daerah. “ Bagaimana mau menghilangkan, itu program dari presiden, bisa-bisa bupatinya yang dihilangkan oleh presiden. Isu tersebut sudah jelas ngawur,” kata M. Fadhil Arief disela-sela proses pengukuhan tim.

Fadhil menagatakan, pihaknya tidak mungkin menghilangkan program PKH. Yang dapat dilakukan adalah memperbaiki data dari penerima PKH. Bukan menghilangkan program tersebut.

“ Yang pertama kita harus pahami dulu apa itu perubahan. perubahan itu sesuatu yang selama ini khilaf, lupa, lalai dan tidak pernah dilakuakan akan kita lakukan,” sebutnya.

“Sesuatu yang ada manfaatnya bagi masyarakat akan tetapi pelayanannya tidak optimal akan dibenahi. Seperti PKH, bagaimana datanya selalu update dan diperbaharui secara berkala,” tambahnya.

Dilanjutkan Fadhil, selain pembenahan PKH secara berkala, birokrasi santunan kematian juga harus dibenahi. Jangan sampai keluarga yang berduka habis ongkos bolak balik ngurus santunan itu.

“ Santunan kematian ini kan masih banyak minatnya, jadi birokrasi yang selama ini kurang bagus akan kita benahi. Bagaimana nantinya akan kita rubah dan menggunakan aplikasi sehingga penerima santunan kematian itu langsung sampai ke tangan keluarga yang berduka,” terangnya

Dijelaskan Fadhil, bahwa perubahan itu bukan menghilangkan akan tetapi memperbaiki yang kurang bagus.“ Kalau ada orang memahami perubahan itu menghilangkan, itu bukan perubahan namanya tetapi pemusnahan. Jadi, kita harus bedakan itu,” kata Mantan Sekda Muaro Jambi ini.

Salah seorang warga Kecamatan Muara Tembesi, Bujang mengakui adanya isu yang menyebutkan pasangan Fadhil – Bakhtiar akan menghapus PKH apabila terpilih nantinya. Namun, Bujang tidak percaya dengan isu miring tersebut karena program PKH merupakan program pemerintah pusat.

“ Kami heran jugo, PKH itu program bantuan pemerintah pusat bukan program pemerintah daerah. Jadi tidak ada kewenangan pemerintah daerah untuk menghilangkan program itu, ” kata Bujang, Jumat (24/10/2020).

Bujang mengatakan, isu miring itu begitu masif dimainkan. Anehnya, isu-isu miring itu paling banyak dialamatkan kepada pasangan Fadil-Bakhtiar. Mulai dari tidak punya perahu untuk maju di Pilkada Batanghari, isu penghapusan PKH, hingga isu sesat lainnya.

“ Mungkin karena pasangan ini yang paling kuat, wajar bae. Tapi, animo masyarakat malah makin deras mendukung pasangan Fadhil – Bakhtiar untuk mewujudkan arah baru perubahan Batanghari,” kata Bujang.(***)