Tim Monitoring Periksa Penyimpangan Dana BOS di SD 145 Muhajirin

oleh -
Plt Sekretaris Dinas P & K Muaro Jambi, Jesman Gultom.(foto:Raden Hasan Efendi/Jambipers.com)
Plt Sekretaris Dinas P & K Muaro Jambi, Jesman Gultom.(foto:Raden Hasan Efendi/Jambipers.com)

Jambipers.com, Muaro Jambi – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muaro Jambi bergerak cepat menindaklanjuti dugaan penyimpangan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri 145/ IX Desa Muhajirin.

Tim monitoring BOS dari kabupaten langsung diturunkan guna menelusuri indikasi praktik kotor yang dilakukan oknum kepala sekolah. Tim monitoring BOS tersebut turun ke SD Negeri 145 pada Sabtu (8/8/2020) pagi.

” Sudah ada tim monitoring BOS kabupaten yang turun ke sekolah tersebut tadi pagi,” kata Plt Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muaro Jambi, Jesman Gultom saat dikonfirmasi Jambipers.com, Sabtu (8/8/2020).

Jesman Gultom sendiri belum mengetahui hasil dari penelusuran tim monitoring BOS atas pengelolaan dana BOS di SD Negeri 145. Sebab, laporan dari tim monitoring baru akan diminta pada Senin (10/8/2020).

” Senin besok tim baru kita minta laporan,” ujar Jesman Gultom.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muaro Jambi sebelumnya telah berjanji akan menindaklanjuti dugaan penyimpangan pada pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri 145/ IX Desa Muhajirin.

Dinas P&K Muaro Jambi akan turun dan mengkroscek langsung penggunaan dana BOS milik SD 145 sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku.

Jesman menjelaskan, sesuai dengan petunjuk teknis (juknis), pengelolaan dana BOS dikelola melalui tim manajemen BOS di sekolah yaitu terdiri dari kepala sekolah, bendahara, operator, penanggung jawab barang dan yang lainnya.

Dana BOS juga telah ditetapkan peruntukannya. Peruntukan dana BOS di antaranya adalah membangun perpustakaan, penerimaan siswa baru, pembiayaan pembelajaran, pelayanan jasa, perawatan sekolah, honor guru, dan pembiayaan lainnya.

“ Terkait pengelolaan dana BOS di SD 145, yang jelas akan Kami kroscek dulu. Kalau ada indikasi penyimpangan di luar dari ketentuan maka akan Kami tindaklanjuti,” ujar Jesman.

Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah ( BOS) milik SD Negeri 145 / IX Pir Trans Desa Muhajirin, Kecamatan Jambi Luar Kota, Muaro Jambi, terindikasi menyimpang dari petunjuk teknis BOS.

Masalahnya, dana BOS SD Negeri 145 selama ini diduga hanya dikelola oknum kepala sekolah tanpa melibatkan pengurus yang lain. Parahnya lagi, bendahara pun tidak dilibatkan dalam pengelolaan dana BOS tersebut.

Penulis: Raden Hasan Efendi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *