Dua Kali Ditolak Rumah Sakit, Ibu Hamil Asal Muaro Jambi Meninggal Dunia Usai Melahirkan

oleh -
Prosesi penguburan jenazah
Prosesi penguburan jenazah.(ist)

Jambipers.com – Seorang ibu hamil asal Kabupaten Muaro Jambi dikabarkan mendapat penolakan dari dua rumah sakit di Kota Jambi saat hendak menjalani persalinan. Ibu hamil itu berinisial S, warga Perumahan Namura, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi. S akhirnya meninggal dunia setelah melahirkan di RS Arafah.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, peristiwa penolakan tersebut terjadi pada Selasa (16/6/2020) lalu. S ditolak di RS Abdul Manap dan Baiturahim. Sebelum ke rumah sakit, ibu hamil berinisial S ini sempat di bawa ke Bidan Ernis, yang berada di Perumahan Bogenvil.

Bidan Ernis saat dikonfirmasi mengatakan, saat itu S tengah hamil dan mengalami sesak nafas. “ Saat dibawa ke sini, S mengalami sesak nafas. Dikarenakan saya tidak ada oxigen, saya sarankan S di bawa ke RS Abdul Manap. Di sini S dan keluarganya hanya singgah lalu,” ujarnya.

Kemudian, S dibawa ke Abdul Manap. Sampai di Abdul Manap, dikabarkan S ditolak. Namun, kabar penolakan itu dibantah dengan tegas oleh Direktur RS Abdul Manap, Rudi Pardede. Katanya, dikarenakan alat di RS Abdul Manap telah terpakai semua, pihaknya menyarankan ke RS Raden Mataher.

“ Di Abdul Manap semuanya penuh. Kita sarankan ke RS Raden Mataher. Bukan ditolak,” kata Rudi Pardede.

Lalu S selanjutnya dibawa pihak keluarganya ke RS Baiturahim. Sesampai di RS Baiturahim, S kembali tolak. Namun, keterangan dari Humas Baiturahim, Rini Provita, kabar adanya penolakan tersebut mendapat bantahan.

Katanya, pihaknya bukan menolak, tetapi dikarenakan S masuk ke UGD pada jam malam, disaat Dokter, Bidan dan Perawat ASN tidak masuk. “ Kecuali pada saat mengalami keadaan darurat, pasti kita tanggani. Namun dokter ASN kita pada malam tidak ada. Jadi kita sarankan ke RS yang ada dokternya swastanya. Ini sudah surat edaran dari Dinas Kota Jambi. Kita bukan menolak ya,” kata Rini Provita.

Lanjut lagi, S di bawa ke RS Arafah dan melahirkan di sana. Tak lama melahirkan di RS Arafah, S meninggal dunia mengalami pendarahan.

KLIK DI SINI BACA SELENGKAPNYA