Data Penerima BST di Merangin Bakal Dicetak dan Dievaluasi  

oleh -
Bupati Al Haris saat berkunjung ke Kantor Pos Bangko (doc.humas)
Bupati Al Haris saat berkunjung ke Kantor Pos Bangko (doc.humas)

Jambipers.com, Bangko – Bupati Merangin Al Haris akan meminta print out (cetak) terhadap seluruh data penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) di masing-masing desa dalam wilayah Kabupaten Merangin kepada pihak kantor pos. Hasil print out itu nantinya akan diserahkan kepada masing-masing desa untuk didata ulang.

“ Saya minta print out data penerima BST untuk semua desa, nanti akan saya berikan ke desa-desa untuk mendata ulang. Ini dana covid, jika yang menerimanya orang kaya atau termasuk kriteria yang tidak boleh menerima bantuan, jelas ini salah,” kata Bupati Al Haris kepada Kepala Kantor Pos Bangko Yoli Susanto, Jumat (29/5/2020).

Bupati Al Haris sengaja berkunjung ke Kantor Pos Bangko hanya demi memantau pelaksanaan BST yang disalurkan lewat kantor pos tersebut. Kedatangannya ke sana guna memastikan apakah dana Bantuan Sosial Tunai (BST) yang disalurkan tepat sasaran atau tidak.

“ Saya ingin memantau penyaluran dana BST ini agar tepat sasaran, sehingga tidak ada lagi laporan dari masyarakat, kalau penyaluran dana BST ini tidak tepat sasaran atau terjadi penyelewangan data,” ujarnya.

Alharis mengatakan, terhadap penyaluran dana BST tahap pertama susah direview, karena sudah berjalan. Makanya, untuk penyaluran BST tahap kedua, Al Haris akan ekstra menyelusurinya. Salah satunya dengan meminta print out data penerima BST untuk semua desa, dan data print out itu akan diberikan ke desa-desa untuk didata ulang.

Terkait permintaan data print out tersebut, Bupati Al Haris akan menyurati Kantor Pos Indonesia di Kabupaten Bungo, sebagai Kantor Pos Induk dari Kantor Pos di Merangin dan delapan Kantor Pos penyaluran di area Kabupaten Merangin.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Bangko, Yoli Susanto mengatakan, untuk penyaluran dana BST yang dilakukan Kantor Pos Bangko, daerah yang banyak penerimanya ada dua keluarahan, Kelurahan Pematang Kandis dan Kelurahan Dusun Bangko.

“ Di  Kantor Pos Bangko ini kita melayani penyaluran dana BST untuk lima kecamatan, Bangko Barat, Batang Masumai, Pamenang Barat, Bangko dan Nalo Tantan,” kata Yoli Susanto.

Sementara jumlah kantor pos penyalur BST di Kabupaten Merangin ada sebanyak 8 unit. Masing-masing kantor pos tersebut adalah Kantor Pos Rantau Panjang, Margoyoso, Hitam Ulu, Sungai Manau, Siau, Jangkat, Pasar Pamenang dan Bangko.(***)