Wabup Bakhtiar Serahkan Hadiah pada Pemenang Lomba Petani Terbaik

oleh -
Wakil Bupati Batanghari, Bakhtiar
Wakil Bupati Batanghari, Bakhtiar serahkan hadiah kepada pemenang lomba.

Jambipers.com, Muara Bulian – Wakil Bupati Batanghari, Bakhtiar, SP menghadiri acara penyerahan hadiah pemenang lomba petani terbaik 2022 yang berlangsung di Balai Kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Batanghari.

Wabup Bakhtiar turut menyerahkan secara langsung hadiah kepada para pemenang lomba penilaian yang terdiri dari kategori petani dan penyuluh terbaik tersebut.

Acara yang berlangsung pada Selasa, 31 Mei 2022 ini juga dihadiri Dinas Perindagkop, Dinas Perkebunan, Pengurus dan Ketua KPNA Kabupaten Batanghari, dan para petani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Batanghari, Mara Mulya Pane, SP dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura sebagai Organisasi Perangkat Daerah (0PD) adalah untuk meningkatkan sumber daya tanaman pangan dan hortkultura, serta untuk membangun petani yang lebih baik dan tangguh.

Petani adalah pilar pendukung kemajuan kabupaten Batanghari. Pemberian hadiah ini adalah apresiasi dari pemerintah kabupaten untuk petani agar menjadi motivasi yang lebih baik lagi ke depan dan saya ucapkan selamat kepada yang terpilih,” katanya.

Wabup Bakhtiar dalam sambutannya menyampaikan tentang bagaimana mengoptimalkan lahan yang ada di wilayah Batanghari menjadi lahan yang produktif bersama stakeholder terkait.

“Perkebunan, peternakan serta perikanan itu juga merupakan bagian dari tanaman pagan dan Hortikultura jadi harus bersinergi antara satu sama lain untuk mengelola potensi lahan yang ada,” ujarnya.

Penyelenggaraan penyuluhan petani merupakan bagian penting dari pembangunan pertanian yang tujuan akhirnya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap petani ke arah yang lebih baik.

Salah satu di antara faktor kelemahan di sektor pertanian yakni untuk pemasaran dan mencari potensi kebutuhan pasar. “Kita harus mengatur jadwal tanam dan  harus dapat memprediksikan jadwal panen agar apa yang dibutuhkan pasaran dapat terpenuhi dengan hasil panen,” ujarnya.

Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba diharapkan dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan pertanian daerah itu. “Saya mengucapakan terima kasih kepada rekan-rekan petani yang berhasil terpilih hari ini. Mudah-mudahan para petani kita ke depan lebih baik lagi,” katanya.(Sam)

No More Posts Available.

No more pages to load.