Lingkungan Hidup dan Pelestariannya

oleh -
ilustrasi (ist)
ilustrasi (ist)

Apa itu lingkungan hidup? Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya. baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Jadi, Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup adalah sistem yang merupakan kesatuan ruang antara makhluk hidup dan komponen abiotik lainnya.

Menurut Undang Undang No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Lingkungan Berdasarkan Proses Terbentuknya terbagi menjadi 3, Berikut penjelasannya. Pertama Lingkungan Hidup Alami. Contoh lingkungan hidup alami adalah hutan primer yang segala kehidupan dan isi di dalamnya belum terkena campur tangan manusia. Kedua Lingkungan Hidup Buatan, Lingkungan hidup buatan mencakup lingkungan buatan manusia yang dibangun dengan bantuan atau masukan teknologi, baik teknologi sederhana maupun teknologi modern. Ketiga Lingkungan Hidup Sosial, Lingkungan hidup sosial terbentuk karena adanya interaksi sosial dalam masyarakat.

Lingkungan Berdasarkan Unsur Pembentuknya: Unsur fisik (abiotik) Unsur ini terdiri dari matahari, air, udara, tanah, unsur-unsur senyawa kimia, dan sebagainya. Unsur ini berfungsi sebagai media berlangsungnya kehidupan. Unsur hayati (biotik) Unsur hayati terdiri dari hewan, tumbuhan, dan jasad renik. Unsur sosial budaya, Manusia mempunyai peranan penting dalam kelangsungan kehidupan di permukaan bumi. Manusia adalah makhluk hidup yang mempunyai kemampuan mengolah dan mengelola lingkungan hidup.

Ada faktor yang mempengaruhi Lingkungan Hidup yaitu: faktor geografi (iklim,perubahan cuaca, erosi, kesuburan tanah), dan faktor sosial budaya (Tingkat ilmu yang dimiliki oleh masyarakat dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup bagi manusia, Tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat dapat meningkatkan nilai daya dukung lingkungan, Tingkat teknologi yang dimiliki oleh masyarakat dapat meningkatkan dan menurunkan nilai daya dukung lingkungan, Perilaku manusia dapat meningkatkan nilai daya dukung dari lingkungan).

Selanjutnya fungsi dan manfaat lingkungan hidup yaitu: Sebagai Media untuk menghasilkan kebutuhan pokok manusia khususnya yang berupa keperluan sandang, pangan, dan papan, Sumber energi yang diperlukan misalnya membuat listrik bertenaga cahaya matahari, Tempat untuk manusia dan makhluk hidup lainnya melakukan interaksi dan sosialisasi, Sumber mineral yang bisa dimanfaatkan kembali untuk membantu kelangsungan makhluk hidup, khususnya manusia, Media untuk membentuk ekosistem serta melestarikan flora, fauna, dan berbagai sumber alam lainnya yang perlu dilindungi.

Apakah ada permasalahan dalam Lingkungan Hidup? tentunya iya, masalah lingkungan hidup pada umumnya disebabkan oleh peristiwa alam seperti gempa bumi, longsor, kebakaran hutan oleh petir, banjir, letusan gunung berapi, dan lain-lain, pertumbuhan penduduk yang pesat, pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan, industrialisasi yang menyebabkan pencemaran dalam bentuk limbah, kegiatan pertambangan  dan transportasi, berupa kepulan asap dan lain-lain, penurunan populasi fauna dan flora, Populasi fauna dan flora yang menurun sangat berkaitan dengan kegiatan-kegiatan pembangunan dan sikap keserakahan manusia yang dapat mengganggu perkembangbiakan dan rusaknya habitat. Pembabatan, pembakaran, dan kebakaran hutan telah memusnakan spesies-spesies binatang dan tumbuh-tumbuhan serta merusak unsur hara dalam tanah.

Pelesatarian Lingkungan Hidup

Didalam sebuah permasalahan pasti terdapat solusi. Begitu pula dengan permasalahan lingkungan hidup. Kita bisa melakukan pelestarian lingkungan hidup. Apa itu pelestarian? Pelestarian Lingkungan adalah proses atau cara perlindungan dari kemusnahan dan kerusakan. Pelestarian lingkungan hidup berarti memanfaatkan lingkungan secara bijak agar keseimbangan lingkungan tetap terjaga. Lalu bagaimana upaya untuk melestarikan lingkungan hidup?

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada lingkungan, yaitu seperti Membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya, Meminimalisir penggunaan produk berbahan kertas, plastik, dan kaleng, Memanfaatkan produk yang dihasilkan dari proses daur ulang, Menghemat pemakaian air, listrik, serta Bahan Bakar Minyak (BBM), Menanam tanaman di lingkungan rumah yang ditempati tinggal dan merawatnya. Melakukan reboisasi atau penghijauan kembali pada lahan yang gundul, tandus, dan kritis. Menumbuhkan kesadaran pada masyarakat mengenai pentingnya untuk melestarikan udara, air, tanah, dan berbagai unsur lain yang berhubungan dengan lingkungan, tidak membuang sampah di sungai, menghemat energi.

Lalu mengapa kita harus tau arti dari pelestarian lingkungan tersebut?

Nahh, Seperti yang kita ketahui di Indonesia sendiri bencana alam sering terjadi seperti contoh : banjir, letusan gunung, gempa bumi dan tanah longsor dan bencana alam lainya. Dimana bencana tersebut terjadi karena konsekuensi dari  suatu kombinasi aktivitas manusia dan aktivitas alam. Contoh : akibat dari eksploitasi hutan atau penebangan pohon secara liar. Manusia menebang pohon dihutan untuk tujuan pemuasan kebutuhan hidup. Seperti menebang pohon dihutan untuk diambil kayunya untuk dijual, pembukaan lahan secara liar. Pohon ditebang tetapi tidak ditanam kembali atau tidak melakukan reboisasi tentunya sangat berdampak pada lingkungan seperti banjir dan tanah longsor. Contoh lain: Seperti saat makan jajanan diluar, kemasan dari makanan dan minuman yang sudah habis kita buang sembarangan, jika dilakukan terus menerus sampai puluhan atau ratusan bahkan ribuan orang seperti itu pada saat hujan sampah mengalir ke selokan menutup jalanya air dan air akan meluap keatas maka akan menyebakan terjadinya banjir di daerah tersebut. Sampah yang kecil dan sepele juga bisa merusak lingkungan.

Mengapa pendidikan pelestarian lingkungan hidup penting bagi kita semua, karena dapat menyadarkan manusia tentang masalah lingkungan hidup yang ada di sekeliling lingkungan kita. Pada dasarnya pelestarian lingkungan bertujuan untuk meningkatkan sikap individu dalam melestarikan lingkungan, sehingga sangat berguna untuk meningkatkan tindakan positif terhadap masyarakat.(*)

Penulis: Miftakhul Jannah

No More Posts Available.

No more pages to load.