Gubernur Al Haris: Kita Ingin Ada Pemerataan Pendidikan di Wilayah Barat

oleh -
Gubernur Jambi, Al Haris saat meresmikan pendirian Kampus Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Sarolangun (ITB-MS), di Kecamatan Singkut.
Gubernur Jambi, Al Haris saat meresmikan pendirian Kampus Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Sarolangun (ITB-MS), di Kecamatan Singkut.

Jambipers.Com, Sarolangun – Gubernur Jambi, Al Haris meresmikan pendirian Kampus Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Sarolangun (ITB-MS), di Kecamatan Singkut, Minggu (17/10/2021). Dalam acara pendirian itu hadir Pengurus Muhammadiyah, Deputi Bank Indonesia, Para OPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.

Dalam sambutannya Al Haris mengucapkan puji syukur karena pada sore itu akan memulai sejarah baru di wilayah barat, yaitu pendirian kampus Institut Teknologi Bisnis muhammadiyah Sarolangun.

“ Kenapa saya bilang ini sejarah baru? Wilayah barat ini masih ketinggalan SDM-nya karena SDM itu tertumpuk di bagian Timur tepatnya Kota Jambi dan di Muaro Jambi. Kampus-kampus besar ada di Muaro Jambi dan Kota Jambi mulai dari UIN, Unja, semua tertumpuk pada daerah itu. Sementara itu di wilayah barat hanya punya satu yang negeri yaitu IAIN Kerinci, selebihnya swasta. Dan juga kampus di Sarolangun sedang persiapan menuju IAIN begitu juga di Merangin, Muaro Bungo juga sudah lumayan hari ini. Makanya memang agar kesenjangan SDM kita ini berimbang tentu perlu pemerataan ini juga menjadi pusat pendidikan, pusat pengembangan SDM maka jawaban nya ada lah hari ini berdiri Perguruan Tinggi Institut Teknologi Bisnis Muhammadiyah di Sarolangun,” kata Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris berharap Kampus ITB ini memang untuk jurusan bisnis yang dipusatkan di Sarolangun sehingga anak-anak dari Kerinci, Merangin dan Muara Bungo bisa kuliah di kampus tersebut.

“ Kita berharap SDM dan pembangunan SDM tidak tertumpuk di Timur saja tapi juga di Barat harus jadi penerus ke depan,” katanya.

Maka dari itu, kata Al Haris, pemerintah akan mensupport agar pembangunan ITB bisa dibangun dengan cepat di Sarolangun ini dan menyiapkan Program S3 dalam meningkatkan SDM Provinsi Jambi.

“Kemajuan suatu negeri itu ditandai dengan SDM-nya sudah maju itu tidak bisa dipungkiri. Hari ini Jambi masih jauh tertinggal SDM-nya, maka dari itu Kami dari Pemerintah Provinsi Jambi mempunyai program menyekolahkan anak Jambi hingga S3 baik itu di dalam negeri maupun di luar negri. Saat ini untuk Dosen S3 kita masih rendah di Jambi ini. Oleh Karena itu, Muhammadiyah ini punya trek record yang cukup bagus dalam bidang pengembangan SDM. Kita mengakui bahwa manajemen pendidikan yang di usung oleh muhammadiyah ini sangat bagus,  saya percaya Muhammadiyah ini akan berkembang dan menjadi Perguruan Tinggi terbesar di Jambi,” ujarnya

Selain program tersebut, Gubernur Al Haris juga menyiapkan Program Usaha Kreatif Milenial. Program ini berupa pemberian bantuan modal kepada 100 usaha kreatif milenial yang dikelola anak-anak milenial.

“ Tujuan kami adalah agar anak-anak kita bisa memulai usaha sambil kuliah. Ke depan saya berharap dengan adanya Kampus Institut Teknologi dan Bisnis ini bisa mendidik orang untuk memiliki kemampuan, memiliki petensi dan skill sehingga nanti banyak lapangan pekerjaan yang terbuka. Dan ke depannya kita sudah memulai mendidik generasi yang tidak lagi sibuk menghabiskan Sumber Daya Alam kita” tutupnya.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.