Pokja Bunda PAUD Muaro Jambi Gelar Rakor Peningkatan Peran

oleh -
Tim Pokja Bunda PAUD Muaro Jambi saat memimpin Rakor di Aula Dispenda.(Foto:Raden Hasan Efendi/Jambipers.com).
Tim Pokja Bunda PAUD Muaro Jambi saat memimpin Rakor di Aula Dispenda.(Foto:Raden Hasan Efendi/Jambipers.com).

Jambipers.com, Muaro Jambi – Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kabupaten Muaro Jambi menggelar kegiatan rapat koordinasi (Rakor) bersama para pengurus dan anggota Bunda PAUD se-Kabupaten Muaro Jambi. Rapat koordinasi itu dilaksanakan di Aula Kantor Dispenda Muaro Jambi, Rabu (13/10/2021).

Sekretaris Pokja Bunda PAUD Kabupaten Muaro Jambi, Yanti mengatakan, rapat koordinasi ini sengaja diadakan untuk meningkatkan peran Bunda PAUD dalam melaksanakan atau mengoptimalkan program-program PAUD di Muaro Jambi.

Melalui Rakor ini Bunda PAUD sangat diharapkan dapat terus bersinergi bersama dinas/instansi terkait dalam meningkatkan peranan pengembangan anak usia dini ke depan.

Yanti menyebut bahwa pendidikan anak usia dini sangat penting untuk diperhatikan mengingat hal tersebut merupakan pondasi awal bagi anak-anak generasi penerus. Anak-anak usia dini harus dikembangkan dan terus dilatih supaya karakter, sosial, emosional, kognitif, moral, dan agamanya terbentuk secara baik.

” Dengan adanya Pokja bunda PAUD ini maka ke depan kita harapkan tidak ada lagi pembelajaran di satuan PAUD itu dengan menggunakan LKS (lembaran kerja sekolah) maupun Calistung (baca tulis hitung). Cara mendoktrin anak melalui sistem pembelajaran LKS dan Calistung harus ditiadakan,” kata Yanti kepada Jambipers.com, Rabu (13/10/2021).

Menurut Yanti, yang harus diupayakan dalam pembelajaran PAUD yaitu bermain sambil belajar. Sebab, ketika anak-anak sedang bermain sesungguhnya anak-anak tersebut sedang belajar.

“ Ke depan yang kita upayakan itu bagaimana anak tersebut bermain sambil belajar, jadi pada saat dia bermain itu sesungguhnya dia lagi belajar. Jadi kemerdekaan untuk belajar bagi anak mudah-mudahan ini terwujud,” katanya.

Yanti turut menginformasikan bahwa Pokja Bunda PAUD untuk wilayah Kabupaten Muaro Jambi belum seluruhnya terbentuk. Pokja Bunda PAUD tingkat kecamatan yang terbentuk sejauh baru ada sebanyak empat. Masing-masing di Kecamatan Bahar Selatan, Sungai Bahar, Taman Rajo, dan Kecamatan Sungai Gelam.

” Kami sudah berkoordinasi dengan Bunda PAUD kecamatan, Insyaallah sampai Desember nanti semua sudah dibentuk,” tandas Yanti.

Pantauan di lapangan, rapat koordinasi Pokja Bunda PAUD ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Para peserta Rakor diwajibkan mencui tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak fisik.

Penulis: Raden Hasan Efendi

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.