Sarana dan Prasarana di SMP Negeri 1 Muaro Jambi Belum Memadai

oleh -
kondisi mobiler SMP Negeri 1 Muaro Jambi kebanyakan telah rusak berat.
kondisi mobiler SMP Negeri 1 Muaro Jambi kebanyakan telah rusak berat.(Foto:Raden Hasan Efendi)

Jambipers.com, Muaro Jambi – SMP Negeri 1 Muaro Jambi saat ini membutuhkan perhatian serius dari Pemkab Muaro Jambi. Masalahnya, kondisi bangunan dan mobiler yang ada di SMP tertua di Muaro Jambi itu rata-rata sudah tidak layak digunakan.

Gedung perkantoran, ruang belajar, dan mobiler milik SMP yang berada di Desa Simpang Sungai Duren itu kebanyakan telah mengalami rusak berat. Sekolah yang dipimpin oleh Kepala Sekolah Erma Dewita,S.Pd tersebut memang benar-benar membutuhkan pembangunan dan renovasi gedung serta pengadaan mobiler baru untuk menciptakan kenyamanan proses belajar mengajar.

Kepala Sekolah SMPN 1 Muaro Jambi, Erma Dewita, S.Pd mengatakan bahwa SMP Negeri 1 Muaro Jambi memiliki 18 ruang belajar, dua di antara ruang belajar itu dimanfaatkan untuk lab komputer. Secara umum kondisi ruang belajar sudah tidak layak digunakan. Lantai ruangan sudah banyak yang pecah dan berlubang. Demikian juga dengan pintu dan kaca jendala, rata-rata telah banyak yang rusak dan pecah.

“ Saat ini kita memang benar-benar sangat membutuhkan perhatian dari Pemkab Muaro Jambi. Gedung perkantoran, ruang belajar, dan mobiler sekolah sudah banyak yang rusak berat dan tidak layak pakai,” kata Erma Dewita kepada Jambipers.com, Kamis (4/3/2021).

Erma Dewita menyebut, SMP Negeri 1 Muaro Jambi memiliki lokasi yang sangat strategis karena letaknya berada di pinggir jalan raya Jambi – Muara Bulian KM 17 Kecamatan Jaluko. Sekolah ini berdampingan dengan Universitas Jambi dan UIN STS Jambi.

Pembangunan perumahan di sekitar SMP 1 Muaro Jambi juga belakangan ini berkembang sangat pesat. Keberadaan perumahan itu tentu saja akan memicu pertumbuhan penduduk sehingga ke depan jumlah siswa yang berkeinginan sekolah di SMP 1 Muaro Jambi akan meningkat pula.

“ Masyarakat sekitar sekolah, guru, dan para murid sudah pasti mendambakan sekolah ini memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Harapan kita, semoga ibu Bupati Muaro Jambi berkenan memberikan bantuan pembangunan, merenovasi gedung, dan mengabulkan permintaan pengadaan mobiler untuk SMP 1 Muaro Jambi ini,” ujarnya.

Erma Dewita mengatakan, pihaknya telah merancang beberapa kegiatan pembangunan yang dibutuhkan di SMP 1 Muaro Jambi. Kebutuhan pembangunan itu terdiri dari jangka pendek dan jangka panjang.

Kebutuhan jangka pendek yang diharapkan segera direalisasikan berupa pengadaan meja dan kursi (mobiler) untuk siswa, guru, dan staf TU. Kebutuhan mobiler ini dianggap sangat mendesak karena kondisi mobiler yang ada telah rusak sebanyak 200 set.

“ Kita juga membutuhkan meja dan kursi untuk guru di ruang kelas. Soalnya, saat ini meja dan kursi guru untuk ruang kelas tidak ada,” ujarnya.

Selain itu, Ermi Dewita turut mengajukan permohonan pembangunan dua ruang belajar baru serta renovasi ruang belajar. Termasuk mengajukan pengadaan lemari arsip TU serta lemari untuk ditempatkan di ruang majelis guru.

“ Kita juga sangat membutuhkan pembangunan WC baru untuk kebutuhan jangka pendek. WC saat ini hanya ada 4, sementara jumlah siswa sebanyak 471 orang. Kita membutuhkan penambahan sebanyak 10 WC baru,” katanya.

Sementara untuk kebutuhan jangka panjang, SMP Negeri 1 Muaro Jambi membutuhkan pembangunan gedung baru untuk lab komputer, pembangunan ruang majelis guru, pembangunan ruang UKS dan pembangunan ruang BK. Termasuk kebutuhan tempat parkir guru dan pembangunan pagar di sekeliling sekolah.

Penulis: Raden Hasan Efendi