Prajurit Korem Gapu Tetap Giat Bina Fisik di Tengah Pandemi Covid-19

oleh -
Prajurit dan PNS Korem 042/Gapu saat melaksanakan olahraga di sekitar Makorem Jambi.
Prajurit dan PNS Korem 042/Gapu saat melaksanakan olahraga di sekitar Makorem Jambi.

Jambipers.com, Jambi – Prajurit dan PNS Korem 042/Gapu aktif melaksanakan pembinaan fisik dengan melaksanakan olahraga senam dan aerobik, lari, serta jalan santai di wilayah sekitar Makorem Jambi. Kegiatan tersebut dilaksanakan para prajurit dan PNS demi menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19.

Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM. Hatta menjelaskan dalam rilis tertulisnya bahwa kegiatan pembinaan fisik merupakan salah satu upaya yang paling sederhana dan dapat memberikan manfaat banyak dalam meningkatkan imunitas tubuh prajurit sehingga kesehatan setiap prajurit selalu terjaga.

“ Kegiatan aerobik lari dan jalan dilaksanakan secara rutin oleh seluruh prajurit dan PNS di lingkungan Korem 042/Gapu, kegiatan dilaksanakan selama satu jam sebelum melaksanakan kerja rutin setiap harinya,” kata Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM.Hatta, Senin (14/12/2020).

Beragam upaya pembinaan personel terus dilakukan oleh Korem 042/Gapu bersama jajarannya dalam menjaga kebugaran fisik dan stamina. Salah satunya melalui olah raga walaupun di tengah adanya pandemi Virus Corona. Kegiatan pembinaan fisik tetap dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan, salah satunya tetap melaksanakan Physical Distancing dan menggunakan masker.

Menurut Hatta, Aerobik adalah jenis olahraga yang merangsang denyut jantung dan laju pernapasan agar meningkat dengan cepat selama sesi olahraga. Aerobik dikenal sebagai kardio, yaitu olahraga yang membutuhkan oksigen untuk dikirim ke bagian otot yang bekerja.

Oksigen yang dimaksud berasal dan dipasok dari jantung melalui darah. Oleh karena itu, baik pernapasan maupun detak jantung biasanya akan meningkat dengan cepat selama aktivitas aerobik, dengan demikian imunitas tubuh kita meningkat sehingga dapat mencegah penularan Covid-19, tambahnya.

Fisik dan stamina yang prima, kata Hatta, merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang prajurit. Bukan tanpa alasan, jika fisik dan stamina selalu prima, otomatis prajurit dapat menjalankan tugas dan kewajibannya secara optimal dalam menghadapi tantangan tugas ke depan. “Pembinaan fisik, sudah menjadi suatu kebutuhan,” katanya.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.