Pengendara yang Tidak Memakai Masker Dihukum Push Up

oleh -
Polres Muaro Jambi hukum push up para pengendara yang tidak memakai masker.(foto:Raden Hasan Efendi)
Polres Muaro Jambi hukum push up para pengendara yang tidak memakai masker.(foto:Raden Hasan Efendi)

Jambipers.com, Muaro Jambi – Operasi yustisi kembali digelar Polres Muaro Jambi pada Rabu (16/9/2020) pagi. Operasi yustisi kali ini dipusatkan di Jalan Lintas Timur Sumatera, tepatnya di depan Kantor Mapolres Muaro Jambi.

Operasi yustisi tersebut dilaksanakan dalam rangka penegakan Peraturan Bupati Muaro Jambi (Perbub) No 51 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Operasi yustisi di depan Mapolres Muaro Jambi merupakan yang kali ketiga digelar dalam pekan ini. Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kabag Ops Polres Muaro Jambi Akp A.Yani.

Kabag Ops Polres Muaro Jambi, AKP A.Yani membenarkan bahwa operasi yustisi tersebut dalam rangka penegakan Perbub No 51 tahun 2020. Kegiatan itu digelar bersama-sama dengan Pol PP. Kegiatan yang sama juga dilaksanakan di tingkat kecamatan bersama-sama dengan Trantib.

” Kegiatan ini sudah berjalan dari hari Senin kemarin. Kegiatan ini untuk pendisiplinan masyarakat Muaro Jambi agar patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19,” kata Kabag Ops AKP A.Yani saat ditanyai Jambipers.com, Rabu (16/9/2020).

A.Yani menjelaskan, adapun sasaran dari operasi yustisi kali ini adalah para pengguna jalan yang tidak memakai masker. Para pengendara yang ditemukan tidak memakai masker langsung ditegur secara lisan dan ada juga yang dihukum secara fisik.

” Sementara ini masih kita berikan teguran secara lisan maupun teguran fisik, kita minta mereka untuk push up, paling tidak mereka merasa setelah diberi hukuman ada kewajiban untuk menggunakan masker,” katanya.

Adapun total jumlah pengendara yang terjaring tidak mengenakan masker selama operasi ini sebanyak 35 orang. Sebanyak 25 orang pelanggar mendapat teguran lisan dan sebanyak 10 orang lainnya mendapat hukuman push up.

A.Yani menegaskan bahwa operasi yustisia ini dipastikan akan rutin dilaksanakan. Sebab, situasi saat ini masih banyak masyarakat yang belum disiplin. ” Operasi yustisi ini akan rutin kita laksanakan setiap hari, ke depan warga yang tidak disiplin memakai masker akan dikenakan denda,” katanya.

Penulis: Raden Hasan Efendi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *