PPDB Tingkat SMP di Muaro Jambi Dibuka Hari Ini

oleh -98 views
Kabid SMP Dinas Pendidikan Muaro Jambi, Kasyful

Jambipers.com, Muaro Jambi – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk wilayah Kabupaten Muaro Jambi mulai dibuka terhitung hari ini, Rabu (1/7/2020). PPDB ini dijadwalkan akan berlangsung hingga 4 Juli 2020.

” PPDB jenjang SMP sudah dimulai sejak hari ini hingga 4 Juli 2020. Silakan daftarkan anak-anak didik kita di sekolah yang ada di Muaro Jambi,” kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muaro Jambi, Kasyful Iman, Rabu (1/7/20).

Kasyful mengatakan, mulai hari ini para orang tua murid sudah bisa mendaftarkan anak-anaknya. Ada dua mekanisme dalam PPDB tahun ini, yakni melalui Online maupun Offline atau manual.

” Ada dua mekanisme, yang pertama sistim Daring (dalam jaringan) dan Luring (luar jaringan) atau secara manual,” kata Kasyful.

Tahun ini, lanjut Kasyful,dari 79 SMP yang ada di Muaro Jambi, baik SMP Negeri, SMP Satap maupun terbuka, beberapa di antaranya sistem PDDB-nya dilakukan dengan sistem Daring.

“Tahun ini bagi sekolah yang sudah melaksanakan PPDB secara online atau daring merupakan barometer bagi sekolah lain. Nah ke depan kita berharap makin banyak SMP yang melaksanakan dengan mekanisme daring ini,” kata Kasyful.

Diterangkan Kasyful, untuk mendaftarkan anak didik secara Daring, sekolah telah mempersiapkan web atau link khusus di masing-masing sekolah. Sementara yang manual, tentu dilaksanakan seperti biasa namun tetap melaksanakan protokol kesehatan COVID-19.

” Sekolah menyediakan web atau link tersendiri, silakan daftarkan ke situ. Kalau manual dilaksanakan dengan memperhatikan protokol COVID-19 yang ketat agar bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini,” kata dia.

Untuk PPDB tahun ini tetap memakai jalur Zonasi. Persentasenya pun masih sama seperti tahun lalu.

“Ini merupakan tahun kedua pelaksanaan zonasi. Persentasenya 85 persen jalur zonasi, jalur prestasi 10 persen dan perpindahan orang tua 5 persen. Sementara untuk tahun ini khusus jalur afirmasi (orang miskin ) baru dilaksanakan di tingkat SD,” ujarnya.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *