Tingkatkan Syiar Islam, Fakultas Dakwah UIN STS Jambi Gelar Gebyar Dakwah V

oleh -
Para petinggi UIN STS Jambi berfoto bersama dalam Kegiatan Gebyar Dakwah di Kampus II Sungai Duren, Jaluko, Muaro Jambi.
Para petinggi UIN STS Jambi berfoto bersama dalam Kegiatan Gebyar Dakwah di Kampus II Sungai Duren, Jaluko, Muaro Jambi.

Jambipers.com, Jambi – Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi kembali menggelar kegiatan Gebyar Dakwah di Kampus II Sungai Duren, Jaluko, Muaro Jambi. Kegiatan Gebyar Dakwah yang berlangsung pada Rabu (22/6/2022) tersebut merupakan yang kali kelima digelar Fakultas Dakwah. Kali ini tema yang diusung adalah “Melalui Gebyar Dakwah Kita Tingkatkan Kualitas Syi’ar Islam dan Moderasi Beragama”.

Acara Gebyar Dakwah ini dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari, yakni dari tanggal 22 hingga 23 Juni 2022. Acara pembukaan dilaksanakan di Halaman Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada pukul 09:00 WIB, dilanjutkan dengan dimulainya perlombaan MC dan Ceramah tingkat SLTA sederajat.

Acara Gebyar Dakwah secara resmi dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Su’aidi MA Ph.D., dengan didampingi Wakil Rektor I UIN STS Jambi, Dr. Rofiqoh Ferawati, SE., MEI, Wakil Rektor III UIN STS Jambi, Dr. Bahrul Ulum, MA.

Pada kegiatan itu turut hadir Ketua Senat UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Adrianus Chatib, S.HUM.,M.HUM., Ketua LPM UIN STS Jambi, Dr. Dian Mursyidah, M. Ag, Camat Jambi Luar Kota, Suharyanto SH.i., Kepala Kemenag Kota Jambi, H. Abdurrahman, M. Pdi., Ketua dharma wanita persatuan UIN STS Jambi, Dekan Fakultas Dakwah, Dr. Zulqarnin, MA., Wakil Dekan I Fakultas Dakwah, Dr. D.I. Ansusa Putra, Lc, MA., Kaprodi dan sekretaris Prodi, serta dosen lingkungan Fakultas dakwah UIN STS Jambi.

Dalam kesempatan itu, Rektor UIN STS Jambi, Prof Dr H Su’aidi MA Ph.D menyampaikan apresiasi kepada Fakultas Dakwah yang telah menangkap gagasan-gagasan besar yang disampaikan Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi selama ini.

“Kegiatan ini menurut saya, menyikapi apa yang sering saya sampaikan di UIN STS Jambi ini, ketika kegiatan ini dilaksanakan untuk kali kelimanya, saya kira Fakultas Dakwah dapat menangkap gagasan-gagasan besar yang disampaikan oleh Rektor,” kata Rektor UIN STS Jambi, Prof Dr H Su’aidi MA Ph.D.

Sementara itu, Dekan Fakultas Dakwah Dr. Zulqarnin MA dalam sambutannya menyampaikan beberapa poin penting yang diharapkan terealisasi dari kegiatan Gebyar Dakwah ini. Poin penting tersebut yaitu adalah dapat meningkatkan Syi’ar Islam dan moderasi beragama yang disesuaikan dengan gagasan-gagasan di UIN STS Jambi saat ini.

“Gebyar Dakwah kali ini mengusung tema Melalui Gebyar Dakwah Kita Tingkatkan Kualitas Syi’ar Islam dan Moderasi Beragama. Kenapa kita juga mengangkat moderasi beragama? karena kita di UIN ini mengikuti pandang beragama yang tidak ekstrim dalam tindakan dan tidak pula lapah, hanya mengikuti juga kemajuan zaman,” kata Dekan Fakultas Dakwah, Dr. Zulqarnin MA.

Sementara itu, Wakil Dekan III sekaligus Ketua Panitia, Dr. Samin Batubara, M.HI dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini akan digelar selama dua hari dengan peserta dari berbagai Pondok Pesantren, Madrasah Aliyah, SMA,  dan SMK, serta mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

“Peserta tingkat SMA, SMK, MA, dan Pondok Pesantren ini berasal dari berbagai daerah. Ada dari Kota Jambi, Muaro Jambi, Batanghari, dan Tanjab Timur,” kata Dr. Samin Batubara, M.HI.

Samin menyebut, ada empat macam cabang yang diperlombakan dalam Gebyar Dakwah ini. Yakni, Lomba Video Khutbah diikuti sebanyak 17 orang, Lomba Syarhil diikuti sebanyak 15 Tim, Lomba MC diikuti sebanyak 18 orang, dan Lomba Ceramah diikuti sebanyak 21 orang peserta.

Wakil Dekan III Fakultas Dakwah itu berharap ke depan jumlah cabang perlombaan  dapat ditingkatkan agar menarik perhatian siswa-siswi SLTA sederajat untuk mengikuti lomba maupun untuk melanjutkan jenjang pendidikan di Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

“Semoga ke depan dapat lebih ditingkatkan lagi terutama jumlah perlombaannya dan dengan acara ini anak-anak siswa SLTA bisa tertarik untuk melanjutkan Pendidikan di Fakultas Dakwah,” tutupnya.

Penulis: Bujangdek

No More Posts Available.

No more pages to load.