Mendengarkan Musik Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

oleh -

Jambipers.com – Mendengarkan musik yang menyenangkan akan memperbaiki perasaan seseorang dan membuat tenang. Mendengarkan musik yang disukai menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi Covid-19.

” Melakukan hal-hal yang disenangi, termasuk mendengarkan musik yang menyenangkan akan memperbaiki perasaan, dan membuat tenang,” kata Dokter Konsulen Psikosomatik, Rudi Putranto dalam konferensi pers di BNPB, Minggu (21/6/2020).

Rudi Putranto mengatakan, dari penelitian yang ada, musik-musik yang memiliki ritme atau tempo lambat akan membuat seseorang menjadi rileks. Selain dapat memperbaiki daya tahan tubuh, mendengarkan musik yang disukai juga akan membantu mengontrol stres.

Bahkan, mendengar musik yang disukai sambil mengikutinya bernyanyi juga akan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Termasuk bernyanyi bersama.

” Ini sangat bermanfaat. Kalau dengar musik dan nyanyi bersama-sama, itu akan meningkatkan ikatan silaturahim. Menyanyi di rumah secara virtual juga itu sangat bermanfaat,” ujarnya.

Tak hanya mendengarkan musik yang disukai, melakukan hal-hal yang disenangi seperti menyalurkan hobi menulis, memasak, atau berolahraga pun akan membantu membuang pikiran negatif seseorang. Terutama di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini yang akan sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh.

Rudi Putranto mengatakan, pikiran negatif yang muncul akan sangat berdampak kepada kesehatan. Sesuatu yang negatif akan disimpan dalam otak. Jika berulang-ulang memikirkannya, berbagai organ akan terganggu seperti dapat memicu denyut jantung, sesak napas, perut tidak enak termasuk sistem kekebalan.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.